Gejala Dehidrasi yang Harus Anda Ketahui

Gejala dehidrasi

Kali ini kita akan membahas gejala dehidrasi. Dehidrasi adalah suatu kedaan ketika seseorang kekurangan cairan tubuh karena jumlah cairan pada tubuh yang keluar lebih banyak daripada jumlah cairan yang masuk, hal ini dapat menyerang siapa saja, dari mulai anak kecil hingga sampai orang tua. Hanya saja dehidrasi dianggap sebagai masalah hal yang sepele. Ada 3 jenis dehidrasi :

Gejala dehidrasi
  1. Dehidrasi Ringan
  2. Yaitu tubuh kehilangan beberapa cairan sekitar 2-5% dari berat badan tubuh semula. Tanda ciri dehidrasi ringan bisa kita kenali dengan gejala mulut maupun bibir kering serta lengket, denyut jantung yang meningkat dari semula, tenggorokan yang kering, sakit kepala. Pada anak atau bayi ciinya sebagai berikut : rewel dan menangis, mata terlihat cekung, meningkatnya rasa haus pada anak.
  3. Dehidrasi Sedang
  4. Yaitu tubuh kehilangan beberapa cairan sekitar 5% dari berat badan tubuh semula. Ciri dehidrasi sedang bisa kita kenali dengan orang yang mudah mengantuk, pusing atau sakit kepala, otot lemah, mata yang kering, haus yang berat, produksi urin yang sedikit dan mulai berwarna kuning tua, silau ketika sedang melihat sinar, suhu tubuh yang meningkat atau demam.
  5. Dehidrasi Berat
  6. Yaitu tubuh kehilangan beberapa cairan sekitar 8% dari berat badan semula. Ciri seseorang orang sedang mengalami dehidrasi berat adalah : urine yang keluar berwarna kuning gelap sampai orange tua, hipotensi (tekanan darah rendah), ekstremitas dingin, kram yang terjadi pada otot, kondisi fisik yang sangat lemah, lidah yang bengkak, nadi yang bergerak cepat, elastisitas hilang, mata terlihat cekung, menggigil, penurunan fungsi pada ginjal, kulit yang kering, terkadang bisa sampai pingsan. 
Itulah gejala dehidrasi yang harus Anda ketahui.
Sumber : Tips kesehatan


Facebook Page : https://www.facebook.com/ayokesehatan